Panduan Kirim Kerja Lewat Email Agar Segera Dapatkan Panggilan

Kemajuan zaman memang membawa perubahan besar pada setiap sendi kehidupan. Salah satunya adalah dalam masalah lamaran kerja. Jika dahulu pengiriman kerja dilakukan dengan mengirim surat ke alamat langsung kini cukup dilakukan dengan email. Tak hanya mudah ternyata email sangat efektif dan tanpa biaya.

Meskipun mudah dalam pelaksanaannya namun harus tetap mematuhi panduan contoh lamaran kerja yang baik dan benar. Pasalnya, kesalahan dalam pengiriman email dapat berakibat pada sulitnya mendapatkan panggilan interview kerja. Tak heran jika panduan pengiriman email harus tetap diperhatikan dengan seksama.

www.masukuniversitas.com

Panduan Pengiriman Lamaran Kerja Dengan Email Agar Dinotice HRD

Pengiriman lamaran kerja dengan email tak bisa dilakukan dengan asal coba begitu saja. pasalnya, jika tak sesuai dengan contoh lamaran kerja bisa dikatakan Anda hanya mengirim pesan kosong dan sia-sia. Berikut panduan pengiriman lamaran kerja menggunakan email.

  1. Persiapkan Seluruh Dokumen Secara Lengkap

Cara pertama yang wajib dilakukan adalah mempersiapkan dokumen dengan lengkap. Siapkan bagian-bagian dokumen dengan baik mulai dari surat lamaran kerja, Cv, scan ijazah, transkip nilai, identitas, serta beberapa sertifikat dan surat pengalaman kerja yang Anda miliki.

Setiap perusahaan akan mensyaratkan dokumen yang berbeda sehingga satu surat lamaran tak bisa digunakan untuk mengirim ke beberapa perusahaan. Anda harus mencermati kira-kira dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk dikirim pada suatu perusahaan. Biasanya informasi tersebut tertuang resmi bersama dengan pengumuman adanya lowongan pekerjaan.

  1. Gunakan Alamat Email Professional

Alamat email juga menjadi hal yang tak boleh disepelekan. Pasalnya, HRD akan menilai keseriusan dan keprofesionalan Anda melalui alamat email yang digunakan untuk mengirim. Gunakan nama Anda tanpa adanya tambahan embel-embel yang membuat Anda terkesan alay dan kekanak-kanakan.

  1. Ikuti Aturan Pengiriman

Hal lain yang tak kalah penting adalah aturan pengiriman. Aturan pengiriman ini harus dikerjakan sesuai dengan yang diminta mulai dari alamat perusahaan, cc penerima, subjek, isi, hingga lampiran email. Kesalahan format pada body email dapat berakibat fatal. Pasalnya, akan membuat HRD tidak akan menotice dan membaca lampiran file Anda. sehingga lamaran kerjaan tak akan diterima oleh HRD.

Pengiriman lamaran via email memiliki beberapa aturan yang harus selalu diperhatikan. Anda juga bisa mulai mencari contoh lamaran kerja untuk dijadikan sebagai referensi dalam pengiriman. Bila perlu tanyakan secara langsung pada teman atau kerabat yang telah memiliki pengalaman dan dinotice oleh HRD perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *